Perusahaan Asal Jepang MicroAd Inc Berinvestasi di Healthtech Indonesia

Perusahaan teknologi asal Jepang MicroAd Inc (TYO: 9553) telah memutuskan untuk menanamkan modal di perusahaan startup Healthtech asal Indonesia, PT Medifa Infoyasa Suryantara.

Jumlah investasi-nya sendiri tidak diungkapkan kepada khalayak umum.

Baca Juga: Investasi di ‘DoctorTool’, MicroAd Inc Jajal Bisnis Health-Tech di Indonesia

Melansir keterangan pers yang diterima Pasardana.id, beru-baru ini disebutkan bahwa PT Medifa Infoyasa Suryantara adalah penyedia jasa layanan aplikasi manajemen fasilitas kesehatan dan rekam medis elektronik berbasis cloud melalui platform DoctorTool yang saat ini telah dipakai di lebih dari 270 fasilitas kesehatan yang tersebar di 26 provinsi di seluruh Indonesia.

Kebutuhan atas digitalisasi rekam medis khususnya mengalami pertumbuhan pesat setelah pandemi Covid-19.

Selain itu, Kementerian Kesehatan RI telah memberikan batas waktu sampai akhir tahun 2023 untuk institusi-institusi medis seperti klinik dan rumah sakit mendigitalkan rekam medis mereka.

Digitalisasi rekam medis pada khususnya sangat membantu dalam melakukan pelaporan klaim kepada BPJS Kesehatan yang saat ini telah mencakup 240 juta orang atau 89% dari penduduk Indonesia.

Investasi ini merupakan investasi pertama dari MicroAd Inc dengan menggunakan model Corporate Venture Capital (CVC).

Dengan CVC, perusahaan berinvestasi langsung menggunakan dana perusahaan ketimbang dana investor seperti pada model VC biasa.

Pihak perusahaan percaya, permintaan dan kebutuhan akan layanan seperti DoctorTool akan terus meningkat secara berkelanjutan di kemudian hari.

Sumber: Perusahaan Asal Jepang MicroAd Inc Berinvestasi di Healthtech Indonesia (pasardana)