Seperti Ini Cara Pindah Kelas BPJS Kesehatan

Seperti Ini Cara Pindah Kelas BPJS Kesehatan

Seperti Ini Cara Pindah Kelas BPJS

Penulis: Arum Nabilah
DOCTORTOOL – BPJS merupakan jaminan pada akses Kesehatan yang di dalamnya terdapat beberapa kelas, yaitu: Kelas I, Kelas II, dan Kelas III. Pembagian kelas digunakan untuk membedakan ruang kelas saat pasien diharuskan untuk rawat inap, hal ini juga berpengaruh terhadap fasilitas yang nantinya akan didapat.

Baca juga:Tanpa Tes PCR, Amankah Pasien Covid-19 yang Selesai Isolasi Mandiri Kembali Beraktivitas?

Selain itu, perbedaan kelas BPJS juga akan berpengaruh terhadap jumlah bayaran yang harus dibayar. Akan tetapi saat ini tidak semua masyarakat megetahui bagaimana cara untuk pindah kelas. Banyak pengguna BPJS yang masih merasa kebingungan saat ingin pindah kelas BPJS. Padahal informasi terkait pidah kelas BPJS menjadi sangat penting di saat masyarakat menginginkan naik atau turun kelas.

Terdapat ketentuan dan syarat yang harus dilakukan bila peserta BPJS menginginkan turun kelas, tahapan tersebut di antaranya: Peserta BPJS yang mengajukan pindah kelas, dapat dilakukan setelah satu tahun dengan perubahan termasuk untuk seluruh anggota keluarga, peserta BPJS melakukan perubahan saat bulan berjalan sehingga kelas baru peserta dapat diakses mulai bulan selanjutnya. Peserta wajib menyiapkan dokumen yang dibutuhkan, yaitu:
1. Kartu keluarga, Kartu Tanda Penduduk.
2. Kartu Peserta BPJS
3. Formulir perubahan kelas yang terdapat di kantor BPJS terdekat

Selain itu peserta juga harus memastikan bahwa tidak ada tunggakan pembayaran BPJS pada setiap bulannya, peserta BPJS juga harus melampirkan buku rekening tabungan BCA/MANDIRI/BNI/BRI bila peserta belum melakukan autodebet (Ridhoi, 2020).

Selain itu, pindah kelas BPJS dapat dilakukan secara online melalui aplikasi mobile JKN dengan menghubungi BPJS Kesehatan Care Center, kemudian peserta mengikuti ketentuan yang disampaikan oleh Mobile Customer Service (Ridhoi, 2020).

REFERENSI

Ridhoi, M. A. (2020). Syarat dan Cara Turun Kelas BPJS Kesehatan Bagi yang Tak Mampu Bayar. Katadata.co.id. Diambil kembali dari https://katadata.co.id/muhammadridhoi/berita/5ec20a1618526/syarat-dan-cara-turun-kelas-bpjs-kesehatan-bagi-yang-tak-mampu-bayar

Share this post

Leave a Reply


Tim Layanan Pelanggan kami siap menjawab semua pertanyaan Anda