Wagub: DKI Jakarta Sudah Jadi Zona Hijau Covid-19

Wagub: DKI Jakarta Sudah Jadi Zona Hijau Covid-19

Wilayah DKI Jakarta diklaim telah masuk kategori zona hijau usai sekian lama terbelenggu dalam zona merah atau risiko tinggi penularan virus corona.
Wilayah DKI Jakarta diklaim telah masuk kategori zona hijau virus corona usai sekian lama terbelenggu dalam zona merah atau risiko tinggi penularan virus corona (CNN Indonesia/Andry Novelino)

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengklaim wilayah ibu kota kini sudah menjadi zona hijau penularan virus corona (Covid-19). Dia juga menyebut kekebalan kelompok atau herd immunity terhadap Covid-19 sudah tercipta di DKI Jakarta.
“Alhamdulillah Jakarta sudah masuk zona hijau dan sudah memenuhi herd immunity,” kata Riza saat meninjau sentra vaksinasi di Masjid Agung Al-Azhar Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, seperti diberitakan Antara, Minggu (22/8).

Baca Juga: Kasus Salip RI, Covid-19 Malaysia Kembali Pecah Rekor Lagi! (doctortool.id)

Riza mengklaim DKI Jakarta telah menjadi zona hijau berangkat dari penurunan kasus positif dari hari ke hari. Selain itu, dia menyebut herd immunity telah tercipta juga berkat vaksinasi yang berjalan lancar. Lebih dari 9 juta jiwa yang sudah divaksin.

Meski begitu, Riza tetap meminta masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan. Ketentuan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pun tetap harus dipatuhi oleh semua lapisan masyarakat.

“Namun, demikian kami minta semua warga disiplin patuh dan taat protokol kesehatan,” kata Riza.

Riza juga meminta masyarakat agar segera mendaftarkan diri untuk disuntik vaksin virus corona. Dia mengatakan pihaknya membuat target baru, yakni 11 juta orang disuntik vaksin. Awalnya, target hanya berkisar 8,8 juta jiwa.

Target ditingkatkan karena sekitar 40 persen warga luar Jakarta turut mendatangi sentra vaksinasi di ibu kota. Riza berharap target dapat tercapai dalam beberapa pekan ke depan.

“Karena memang tidak kurang dari 30-40 persen warga non DKI yang ikut vaksin di DKI maka kami Pemprov meningkatkan vaksin menjadi 11 juta,” kata dia.

Data Satgas Pemerintah Pusat

Data Satgas Penanganan Covid-19 berbeda dengan yang diucapkan oleh Wagub DKI Ahmad Riza Patria. Merujuk situs covid19.go.id, mayoritas wilayah DKI Jakarta masih masuk kategori zona oranye atau risiko sedang penularan virus corona.

Hanya wilayah Kepulauan Seribu yang masuk kategori zona kuning atau risiko rendah penularan virus corona.

Meski demikian, DKI Jakarta memang mengalami perubahan positif dalam sepekan terakhir. Berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19 pekan lalu, DKI Jakarta sudah tidak lagi masuk dalam zona merah per 15 Agustus lalu. 

Sementara itu, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan DI Yogyakarta masih masuk dalam kategori zona merah per data 15 Agustus 2021.

Sumber: Wagub: DKI Jakarta Sudah Jadi Zona Hijau Covid-19 (cnnindonesia.com)

Share this post


Tim Layanan Pelanggan kami siap menjawab semua pertanyaan Anda
WeCreativez WhatsApp Support
Customer Service
Support
Available