Begini Cara Mengetahui BPJS Sudah Dibayar atau Belum

Begini Cara Mengetahui BPJS Sudah Dibayar atau Belum

Foto: BPJS Kesehatan (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia– Setiap bulannya masyarakat secara rutin membayar iuran BPJS Kesehatan secara online untuk mendapatkan pelayanan yang maksimal dan menghindari tunggakan. Untuk mengetahui jumlah tagihan, dan cara mengetahui BPJS sudah dibayar atau belum pun mudah.

Baca Juga: Zona Merah Covid-19 Berkurang, Tesisa 6 Daerah – DoctorTool

Peserta bisa menggunakan cara ini untuk mengetahui status iuran BPJS, yakni melalui website, aplikasi, dan sms. Inilah cara mengetahui BPJS yang sudah dibayar atau belum:

1. Melalui Website

Peserta bisa mengakses situs https://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/. Kemudian pilih menu ‘Cek Iuran BPJS Kesehatan’ yang terletak di sebelah kanan sidebar homepage.
Setelah itu, masukkan 13 digit nomor kartu, tanggal lahir, dan angka validasi yang tertera pada gambar di situs tersebut.

Peserta nanti akan dipandu secara berurutan ketika mengakses situs tersebut. Kemudian klik tombol cek dan data akan tampil di layar.

2. Melalui Aplikasi

Bagi peserta yang menggunakan smartphone, bisa mengecek iuran BPJS Kesehatan menggunakan aplikasi BPJS Kesehatan. Aplikasi ini tersedia di Android dan IOS.

Peserta bisa mengunduh aplikasi Mobile JKN di Play Store maupun AppStore. Kemudian login ke akun Mobile JKN dengan mengisi isian form yang diminta. Setelah bisa masuk ke akun BPJS, maka klik menu ‘Tagihan’ kemudian untuk melihat rincian tagihan bisa langsung klik ‘premi’.

Dengan cara ini peserta bisa mengetahui BPJS sudah dibayar atau belum, hingga jumlah tunggakan jika tidak rutin membayar.

3. Melalui SMS

Bukan hanya pengguna smartphone yang bisa digunkan, SMS juga bisa menjadi cara untuk mengecek iuran BPJS yang sudah dibayar. Peserta BPJS Kesehatan cukup ketik pesan dengan format Tagihan Nomor Kartu BPJS Kesehatan lalu kirim ke nomor 087775500400.

Caranya:

TAGIHANNomor Kartu BPJS Kesehatan, lalu kirim ke 087775500400 (Contoh: TAGIHAN 0001260945809).

Sumber: Begini Cara Mengetahui BPJS Sudah Dibayar atau Belum (cnbcindonesia.com)

Share this post


Tim Layanan Pelanggan kami siap menjawab semua pertanyaan Anda