Gejala COVID-19 pada Lidah Makin Banyak Ditemukan, Ini Ciri-cirinya

Gejala COVID-19 pada Lidah Makin Banyak Ditemukan, Ini Ciri-cirinya

Gejala COVID-19 pada Lidah Makin Banyak Ditemukan, Ini Ciri-cirinya
Ciri-ciri gejala Corona pada lidah yang semakin banyak ditemukan. (Foto: Getty Images/iStockphoto/oonal)

Jakarta – 

Seorang ahli mengingatkan publik untuk terus memperhatikan adanya gejala-gejala aneh yang berkaitan dengan COVID-19. Salah satunya ‘Covid tongue’ dan sariawan yang tak biasa pada mulut.

Baca juga: Sudah Divaksin Covid-19, Berapa Lama Kekebalan Tubuh Terbentuk?

Ahli epidemiologi di King’s College London bernama Profesor Tim Spector mengatakan, ia melihat adanya peningkatan kasus orang yang terinfeksi Covid-19 mengalami gejala yang tidak nyaman di mulutnya, seperti lidah yang terlapisi sesuatu.

Ia mengatakan, satu dari lima orang yang terinfeksi virus akan menunjukkan gejala yang kurang umum seperti Covid tongue. Untuk itu ia mendesak orang-orang yang merasa tubuhnya kurang baik atau ada keluhan kecil untuk tetap berada di rumah.

“Satu dari lima orang dengan COVID-19 mengalami gejala yang kurang umum dan tidak tercantum dalam daftar PHE resmi, seperti ruam kulit, Covid tongue, dan sariawan tak biasa di mulut,” tulis Prof Spector dalam Twitter yang dikutip dari Metro UK, Jumat (15/1/2021). “Jika kamu mengalami gejala aneh ini atau hanya sakit kepala dan kelelahan tetaplah di rumah,” lanjutnya.

Selain itu, di dalam akun Twitter miliknya @timspector ia juga memberikan contoh foto lidah pasien yang mengalami Covid tongue. Terlihat adanya bercak putih tebal di lidah pasien COVID-19 tersebut.

Menurut dokter kesehatan masyarakat dan presiden epidemiologi di Royal Society of Medicine Gabriel Scally, gejala pada mulut ini sudah dikaitkan dengan COVID-19 sebelumnya. Nama medis untuk kondisi sebagian lidah yang mengalami pembengkakan akut ini yaitu sindrom glossitis. “Ini adalah virus yang bermasalah untuk diobati, karena menghasilkan efek pada beberapa sistem tubuh,” kata Scally.

Beberapa orang yang mengalami gejala ini melaporkan tidak merasakan gejala COVID-19 yang khas seperti demam, batuk, serta hilangnya kemampuan indra penciuman dan perasa. Sementara pasien lainnya mengalami kelelahan ekstrim, kabut otak, sakit perut, sakit kepala, dan nyeri otot.

Sumber: https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5335281/gejala-covid-19-pada-lidah-makin-banyak-ditemukan-ini-ciri-cirinya

Share this post


Tim Layanan Pelanggan kami siap menjawab semua pertanyaan Anda