4 Faktor yang Bisa Membuat COVID-19 Gejala Ringan Jadi Lebih Parah

4 Faktor yang Bisa Membuat COVID-19 Gejala Ringan Jadi Lebih Parah

4 Faktor yang Bisa Membuat COVID-19 Gejala Ringan Jadi Lebih Parah
Virus Corona COVID-19 (Foto: Getty Images/iStockphoto/oonal)

Jakarta – Sampai saat ini pandemi COVID-19 masih berlanjut, jumlah kasusnya masih terus mengalami kenaikan dari hari ke hari. Tak hanya itu, berbagai gejala terus bermunculan dan bisa berkembang menjadi lebih parah, tak terkecuali pada kasus gejala ringan.

Banyak pasien bergejala ringan yang berkembang menjadi parah hingga membutuhkan rawat inap. Hal ini pun membuat para ahli medis khawatir jika terjadi peningkatan rawat inap pada pasien yang mengalami gejala tersebut.

Dalam hal ini, ternyata ada faktor yang bisa menyebabkan gejala virus Covid-19 ringan menjadi lebih parah. Berikut 4 faktor tersebut yang dikutip dari Times of India.

Baca juga: Swab Antigen, Rapid Test, Test PCR: Perbedaan dan Tingkat Akurasinya

1. Badai Sitokin

Salah satu penyebab yang paling mengancam dari infeksi COVID-19 adalah badai sitokin. Kondisi ini bisa menjadi penyebab yang tidak diketahui dan menyebabkan infeksi virus Covid-19 yang ringan berkembang menjadi semakin parah.

Kondisi ini bisa menyebabkan gangguan autoimun yang membuat sistem kekebalan tubuh keliru dan menyerang sel-sel tubuh yang sehat. Akhirnya menyebabkan degradasi organ vital dan infeksi menjadi semakin parah.

2. Tingkat oksigen yang menurun

Saat seseorang terinfeksi virus Covid-19, salah satu organ tubuh yang paling parah terkena dampaknya adalah sistem pernapasan. Kondisi ini bisa menyebabkan hilangnya suplai oksigen ke paru-paru, sehingga bisa memicu munculnya gejala seperti sesak napas dan juga kesulitan bernapas.

Tingkat oksigen bisa menurut di bawah 90 dan dianggap sebagai tanda peringatan. Bahkan banyak pasien akan lebih sulit menyadari kondisi ini jika penurunan kadar oksigen yang rendah itu tidak disertai tanda-tanda degradasi, yang biasanya disebut hipoksia.

Tes COVID-19 yang tertunda juga bisa menjadi faktor yang memperparah lho. Simak di halaman selanjutnya.

3. Adanya faktor eksternal

Faktor eksternal ternyata juga bisa membuat virus Covid-19 semakin parah, misalnya seperti polusi dan suhu dingin yang bisa meningkatkan gangguan pernapasan.

Pada pasien yang memiliki penyakit kronis dan terinfeksi Corona, masalh sekecil apapun bisa berdampak besar. Polusi udara juga bisa menyebabkan kerusakan pada paru-paru, mengurangi kekebalan tubuh, hingga memperburuk peradangan.

4. Tes COVID-19 yang tertunda

Selain tiga faktor atau penyebab di atas, banyak orang yang memiliki gejala COVID-19 yang ringan menjadi semakin parah karena didiagnosis lebih lambat dari biasanya. Penundaan penanganan medis atau tes Corona inilah yang bisa membuat kondisi pasien bisa semakin parah.

Sumber: https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5274944/4-faktor-yang-bisa-membuat-covid-19-gejala-ringan-jadi-lebih-parah/2

Share this post

Tinggalkan Balasan


Tim Layanan Pelanggan kami siap menjawab semua pertanyaan Anda