WHO Tegaskan Vaksin COVID-19 Bukan Satu-satunya Solusi Atasi Pandemi

WHO Tegaskan Vaksin COVID-19 Bukan Satu-satunya Solusi Atasi Pandemi

WHO Tegaskan Vaksin COVID-19 Bukan Satu-satunya Solusi Atasi Pandemi
(Foto ilustrasi: BBC Magazine)

Jakarta – Direktur keadaan darurat Organisasi Kesehatan dunia (WHO) Michael Ryan mengatakan bahwa vaksin seharusnya tidak dipandang sebagai solusi pamungkas untuk menangani pandemi COVID-19.

Meski belakangan vaksin buatan perusahaan farmasi sudah menunjukkan hasil yang menjanjikan, menurut Ryan banyak negara akan mengalami gelombang kedua dan akan menjalaninya tanpa vaksin.

Baca juga: Bertambah, Ini Daftar 28 Daerah Zona Merah Covid-19

“Kita perlu memahami dan menginternalisasinya, dan menyadari: Kita harus mendaki gunung kali ini, tanpa vaksin,” jelasnya, seperti dikutip dari laman France24.

Pfizer mengatakan telah menyelesaikan pengembangan vaksin yang menghasilkan tingkat efektivitas 95 persen melawan COVID-19. Selain itu Moderna pada awal pekan ini juga menyebut kandidat vaksin mereka efektif 94,5 persen, sementara vaksin buatan Rusia diklaim efektif 90 persen.

Ryan mengatakan agar tidak mengendurkan kewaspadaan masyarakat pada virus Corona COVID-19 karena keyakinan yang keliru bahwa vaksin akan menyelesaikan pandemi.

“Beberapa orang berpikir vaksin akan, dalam arti tertentu, menjadi solusi. Tidak seperti itu,” katanya.

“Jika kita memiliki vaksin dan melupakan hal lainnya, COVID tidak akan menjadi nol,” pungkasnya.

Sejak COVID-19 merebak ke seluruh dunia dari China pada akhir Desember 2019 lalu, jumlah kasus infeksi Corona 55,6 juta orang. Jumlah korban karena virus Corona lebih dari 1,3 juta orang di dunia.

Sumber: https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5261250/who-tegaskan-vaksin-covid-19-bukan-satu-satunya-solusi-atasi-pandemi

Share this post

Tinggalkan Balasan


Tim Layanan Pelanggan kami siap menjawab semua pertanyaan Anda