Satgas Covid-19 Ingatkan Masyarakat Ekstra Hati-hati Saat Lakukan Aktivitas Ini

Satgas Covid-19 Ingatkan Masyarakat Ekstra Hati-hati Saat Lakukan Aktivitas Ini

Satgas Covid-19 Ingatkan Masyarakat Ekstra Hati-hati Saat Lakukan Aktivitas Ini
Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Dewi Nur Aisyah(Dok. BNPB)

Penulis Dian Erika Nugraheny | Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com – Anggota Tim Pakar Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Dewi Nur Aisyah mengatakan, ada 20 aktivitas/kondisi yang perlu diwaspadai oleh masyarakat agar terhindar dari risiko penularan Covid-19. Ke-20 aktivitas itu melibatkan banyak orang dan rentan mengakibatkan kerumunan.

“Ini penting untuk kita ingatkan ke seluruh masyarakat Indonesia, ada aktivitas-aktivitas masyarakat perlu sekali kita lakukan dengan ekstra hati-hati,” ujar Dewi dalam diskusi daring yang ditayangkan di kanal YouTube BNPB, Rabu (2/9/2020).

Baca juga: 6 Bulan Pandemi, Kasus Covid-19 Indonesia Terbanyak Kedua di ASEAN

Aktivitas yang dimaksud yakni kegiatan sosial, tahlilan, pengajian, pernikahan, dan ibadah, dan pengungsian.   Selain itu, sikap ekstra hati-hati harus diutamakan saat berkegiatan di asrama, kos-kosan, transportasi umum, pesantren, permukiman padat, MRT-LRT-KRL, dan panti asuhan. Kemudian, pasar, komunitas olahraga, perkantoran/industri, tempat wisata, ibadah, apartemen, fasilitas kesehatan dan tempat hiburan.

“Jika sebelumnya sudah hati-hati, maka sebaiknya sekarang lebih ekstra hati-hati lagi saat aktivitas,” kata Dewi. Selain itu, Dewi juga menyarankan masyarakat mempersingkat waktu saat bepergian keluar rumah, baik untuk berbelanja, kegiatan sosial, olahraga dan sebagainya. Disiplin memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak (3M) menurutnya wajib dilakukan.

“3M harus dikerjakan dan kalau bisa hindari mengobrol saat di tempat umum,” tambah Dewi. Sementara itu, pandemi Covid-19 di Indonesia berjalan tepat enam bulan pada hari ini, terhitung sejak diumumkannya pasien pertama terinfeksi virus corona pada 2 Maret 2020.

Namun, hingga saat ini belum ada tanda-tanda penularan virus corona menurun. Pemerintah bahkan memperlihatkan data bahwa jumlah kasus Covid-19 semakin bertambah. Berdasarkan data pemerintah hingga Rabu ini pukul 12.00 WIB, total ada 180.646 kasus Covid-19 di Indonesia sejak awal pandemi. Jumlah itu disebabkan adanya penambahan 3.075 kasus baru Covid-19 dalam 24 jam terakhir.

Sumber: https://nasional.kompas.com/read/2020/09/02/20192751/satgas-covid-19-ingatkan-masyarakat-ekstra-hati-hati-saat-lakukan-aktivitas?page=all

Share this post

Tinggalkan Balasan


Tim Layanan Pelanggan kami siap menjawab semua pertanyaan Anda