Kemenristek: Belum Ada Obat yang Spesifik Sembuhkan Pasien Covid-19

Kemenristek: Belum Ada Obat yang Spesifik Sembuhkan Pasien Covid-19

Kemenristek: Belum Ada Obat yang Spesifik Sembuhkan Pasien Covid-19
(Shutterstock)

JAKARTA, KOMPAS.com – Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19 Kemenristek/BRIN Ali Ghufron menegaskan, sampai saat ini pemerintah belum menemukan obat yang secara spesifik dapat menyembuhkan infeksi virus corona (Covid-19). Ali menuturkan, pemerintah masih melakukan penelitian dan pengembangan untuk menciptakan vaksin Covid-19. 

Baca juga: Waspada, COVID-19 Bisa Sebabkan Kerusakan Permanen pada Paru-Paru

“Di dalam konsorsium itu belum satu pun yang bisa dikatakan inilah obat spesifik ya (Covid-19). Khusus untuk Covid-19, termasuk imunomodulator yang sedang kita kembangkan kemarin sudah mulai dibuka ya yang di (rumah sakit) Wisma Atlet, itu kita juga masih dalam proses,” kata Ali melalui telekonferensi dalam diskusi di Graha BNPB, Jakarta, Selasa (18/8/2020).

Begitu juga dengan terapi yang diharapkan bisa membantu proses penyembuhan. Di antaranya seperti terapi plasma darah konvalensen serta terapi stem cell, yakni dengan mengganti jaringan paru-paru yang rusak. “Jadi jaringan paru yang sudah rusak itu bisa kita berikan stem cell, kemudian diganti jaringannya dengan yang baru. Dan ini sudah terbukti di beberapa pasien yang kita amati atau diteliti,” ujarnya. “Jadi terakhir kita tidak hanya berhenti pada pencegahan, tapi juga obat tadi yang kita bahas,” ucap dia.

Diketahui, Kementerian Riset dan Teknologi telah membentuk konsorsium ristek untuk menangani pandemi Covid-19 di Tanah Air. Menurut Menristek Bambang Brodjonegoro, konsorsium tersebut bertugas untuk menyusun rencana kerja guna membantu mencegah dan mendeteksi secara cepat Covid-19 melalui riset dan inovasi di bidang pencegahan. “Seperti vaksin dan suplemen, screening, diagnosis, pengobatan dan teknologialat kesehatan terkait Covid-19,” kata Bambang di Graha BNPB, Jakarta, Senin (6/4/2020).

Sumber: https://nasional.kompas.com/read/2020/08/18/15161811/kemenristek-belum-ada-obat-yang-spesifik-sembuhkan-pasien-covid-19

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Tim Layanan Pelanggan kami siap menjawab semua pertanyaan Anda