Cegah Penularan Covid-19, Wajib Lakukan 6 Hal Ini Saat Makan di Resto

Cegah Penularan Covid-19, Wajib Lakukan 6 Hal Ini Saat Makan di Resto

egah Penularan Covid-19, Wajib Lakukan 6 Hal Ini Saat Makan di Resto
Ilustrasi makan di resto(SHUTTERSTOCK)

Editor Bestari Kumala Dewi

KOMPAS.com – Beberapa Negara mulai melonggarkan karantina, termasuk beberapa daerah di Indonesia yang mulai menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi. Namun sebenarnya, kondisi dan jumlah kasus Covid-19 di berbagai negara masih terus mengalami perkembangan setiap harinya. Di Indonesia, kasus baru Covid-19 masih lebih dari seribu. Hingga hari ini, dari data terbaru, jumlah total kasus virus corona di Indonesia mencapai 54.100 kasus.

Meski demikian, banyak orang mulai melakukan berbagai aktivitas di luar rumah, termasuk pergi ke mal dan makan di resto. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), berbeda dengan bakteri dan virus lain, covid-19 memang tidak dapat ditularkan melalui makanan, . Infeksi Covid-19 menyebar melalui tetesan pernapasan, baik dari permukaan benda atau dari orang yang batuk dan bersin.

Baca juga: Kemenkes: Covid-19 Masih Ada, Jangan Gembira Berlebihan

Tapi, ini bukan berarti kamu bisa makan di resto dengan aman. Keputusan untuk makan di restoran harus dengan pertimbangan bagaimana tingkat penularan Covid-19 di masyarakat. Jika ada peningkatan kasus Covid-19 di daerahmu, disarankan untuk pesan bawa pulang atau pesan antar yang bisa kamu lakukan dari rumah. Apalagi, mereka yang memiliki kondisi kesehatan tertentu sebelumnya dan orang-orang berusia di atas 65 sebaiknya tidak meningkatkan risiko dengan makan di restoran, di mana risiko kontaminasi bisa tinggi dalam keadaan tersebut.

Namun, jika kamu sangat membutuhkan interaksi sosial di ruang publik setelah beberapa bulan melalui masa pembatasan sosial berskala besar, penting untuk melakukan tindakan pencegahan berikut ini:

1. Pilih restoran dengan ventilasi baik
Transmisi aerosol dapat meningkat dalam ruang yang berventilasi buruk, karena partikel-partikelnya tetap terperangkap di dalam ruangan. Pilih restoran yang memiliki semacam ruang tertutup dengan langit-langit terbuka, serta jendela dan pintu terbuka. Lebih baik lagi, pilih restoran yang memiliki pilihan tempat duduk di luar ruangan.

2. Cari tahu lebih dulu apakah restoran menerapkan protokol kesehatan
Sebelum membuat reservasi atau tiba-tiba muncul di restoran, ada baiknya periksa terlebih dahulu apakah staf wajib memakai masker wajah dan menerapkan berbagai protokol kesehatan. Juga, cari tahu apakah pengaturan tempat duduk sesuai dengan pedoman jarak sosial yang merekomendasikan meja ditempatkan terpisah satu hingga dua meter.

3. Jangan berbagi peralatan, prasmanan, dan salad bar
Cobalah untuk tidak berbagi ayam goreng, kentang goreng, dan makanan lainnya dari satu piring karena virus dapat saling bertukar antara orang-orang ini, jika tangan bersentuhan satu sama lain. Selain itu, jangan juga berbagi peralatan seperti sendok dan alat makan lainnya. Berhati-hatilah dengan apa yang kamu letakkan. Area umum seperti prasmanan dan salad bar biasanya tidak memungkinkan untuk jarak sosial. Sehingga, ini juga dapat meningkatkan kemungkinan bersentuhan dengan permukaan benda yang terinfeksi. Jangan lupa, gunakan metode pembayaran tanpa kontak di akhir makan. Seka kartu kredit dengan pembersih setelah digunakan. Juga, jangan gunakan pena yang diberikan oleh restoran untuk menandatangani. Pakai pena sendiri untuk meminimalkan jumlah kontak dengan barang orang lain.

4. Pastikan toilet memiliki perlengkapan kebersihan, termasuk pembersih tangan
Jika kamu perlu menggunakan kamar kecil saat di restoran, pastikan area tersebut memiliki cukup sabun, handuk kertas, dan alat pembersih lainnya. Ingatlah untuk segera mencuci tangan 20 detik setelah menggunakan toilet.

5. Kenakan masker wajah setiap saat dan praktikkan jarak sosial
Kecuali saat-saat kamu makan, selalu kenakan masker wajah, baik di dalam maupun di luar ruangan. Saat berjalan di sekitar restoran, ketika keluar melalui lorong atau duduk di ruang tunggu, pastikan menjaga jarak minimal satu meter, di mana pun saat berada di restoran.

6. Pesan makanan lebih dulu jika memungkinkan
Alih-alih membuang waktu menunggu makanan disiapkan, sehingga meningkatkan waktu berada di dekat orang lain dalam satu ruangan, cobalah untuk memesan makanan lebih dulu. Dengan begitu, ketika kamu tiba di restoran, tak perlu menunggu makanan diproses dalam waktu lama.

Sumber: https://lifestyle.kompas.com/read/2020/06/29/164138220/cegah-penularan-covid-19-wajib-lakukan-6-hal-ini-saat-makan-di-resto?page=all

Share this post

Tinggalkan Balasan


Tim Layanan Pelanggan kami siap menjawab semua pertanyaan Anda