LIPI Uji Immunomodulator Lawan COVID-19

LIPI Uji Immunomodulator Lawan COVID-19

LIPI Uji Immunomodulator Lawan COVID-19
Ilustrasi ilmuwan LIPI (Dok. LIPI)

Jakarta – Inovasi dilakukan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Mereka sedang melakukan uji immunomodulator untuk melawan virus COVID-19.

Hal ini dijelaskan LIPI dalam akun resmi Instagram mereka seperti dilihat detikINET, Kamis (11/6/2020). Menurut LIPI, uji klinik kandidat immunomodulator dilakukan mulai Senin (8/6) di RS Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta.

Baca juga: Ebola Merebak, WHO Ingatkan Penyakit tak Hanya Covid-19

Uji klinik dilakukan LIPI bersama Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia, Perhimpunan Dokter Paru Indonesia, Balitbang Kemenkes dan tim dokter RS Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran. Mereka pun didampingi oleh BPOM.

“Uji klinis kandidat immunomodulator merupakan tonggak sejarah bagi pengembangan suplemen dan obat di Indonesia. Untuk pertama kalinya Indonesia melakukan multicenter clicinal trial yang dipimpin dan dirancang oleh peneliti Indonesia,” kata Kepala LIPI Laksana Tri Handoko.

Immunomodulator adalah bahan herbal untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Ada dua produk yang diujikan kepada 90 pasien COVID-19 selama 14 hari ke depan.

Yang pertama adalah jamur Cordyceps militaris, yang kedua adalah kombinasi rimpang jahe merah dan herbal lainnya. Obat herbal ini diharapkan bukan cuma mengobati tapi juga bisa jadi pencegahan untuk para ODP dan PDP.

Riset sudah dilakukan sejak Maret dengan melibatkan UGM dan PT Kalbe Farma. Prototipe dan datanya sudah ada serta memiliki izin edar BPOM. Diharapkan bulan Juli sudah bisa keluar hasil uji klinisnya.

“Bila uji klinis ini berhasil maka akan membuktikan bahwa suplemen yang selama ini telah diproduksi bisa diklaim untuk penanganan COVID-19 sehingga berpotensi untuk menjadi produk ekspor unggulan Indonesia,” ujarnya.

Sumber: https://inet.detik.com/science/d-5049158/lipi-uji-immunomodulator-lawan-covid-19

Share this post

Comment (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Tim Layanan Pelanggan kami siap menjawab semua pertanyaan Anda