Era New Normal, Berikut Starter Kit Dalam Tas Siaga Covid-19

Era New Normal, Berikut Starter Kit Dalam Tas Siaga Covid-19

Era New Normal, Berikut Starter Kit Dalam Tas Siaga Covid-19
Manajemen Super Market Asia Plaza memasang penyekat transparan di seluruh layanan pembayaran (kasir) sebagai protokol kesehatan di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis (28/5/2020). Pemerintah Provinsi Jabar mempersiapkan adaptasi normal baru atau new normal yang mengacu pada sejumlah indikator dan persiapan matang, dengan tujuan memulihkan perekonomian disertai pengendalian risiko penularan COVID-19 yang komprehensif mulai 1 Juni 2020. (ANTARA FOTO/ADENG BUSTOMI)

Penulis Dandy Bayu Bramasta | Editor Sari Hardiyanto

KOMPAS.com – Pemerintah terus menggenjot upaya persiapan fase new normal atau kenormalan baru di tengah pandemi. Meski kurva kasus corona di Indonesia belum melandai, sejumlah persiapan terus dilakukan, semisal dengan pengerahan pasukan TNI-Polri, setidaknya di empat provinsi dan 25 kabupaten/kota.

Pada fase ini, pembatasan kegiatan masyarakat akan dilonggarkan. Masyarakat bisa kembali beraktivitas seperti bekerja dan bersekolah, namun dengan tetap mematuhi sejumlah protokol kesehatan seperti memakai masker dan membatasi jarak fisik.
Baca juga: Mengenal Apa Itu Rapid Test, Biaya, dan Lokasi Tes COVID-19

Oleh karena itu, masyarakat perlu menyiapkan beberapa hal saat berada di luar rumah (fase new normal). Masyarakat pun diimbau untuk tetap menggunakan masker, menjaga jarak fisik lebih dari 1 meter dan rutin mencuci tangan saat menjalani fase new normal. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pun merekomendasikan “Tas Siaga Covid-19) yang memiliki isi bermacam hal guna melindungi dari paparan Covid-19.

“Selain terus menerapkan disiplin diri menaati protokol kesehatan dengan jaga jarak dan rajin cuci tangan, penting bagi kita menyiapkan beberapa hal yang jadi ‘senjata’ ampuh pelindung diri, khususnya bagi para pejuang nafkah keluarga,” tulis BNPB dalam akun Instagram resminya.

Lantas, apa saja barang-barang yang perlu dibawa di dalam tas ketika bekerja atau keluar dari rumah?
1. Pakai masker dan siapkan cadangannya. Jangan lupa kantung untuk masker habis pakai.
2. Hand sanitizer, disinfektan semprot dan sabun cair.
3. Tisu basah dan kering.
4. Alat makan dan botol minum.
5. Perlengkapan ibadah.
6. Totebag buat kamu yang suka mampir belanja.
7. Suplemen atau multivitamin untuk menambah stamina.

Bagi pengguna setia ojeg pangkalan atau ojek online sebaiknya gunakan jaket dan helm pribadi. Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto menjelaskan, penggunaan tas siaga Covid-19 tersebut dimaksudkan agar masyarakat lebih aman dari Covid-19. “Sudah jelas.

Dengan membawa peralatan-peralatan tadi, memungkinkan masyarakat dapat terlindung dari paparan Covid-19,” kata Yuri saat dihubungi Kompas.com, Kamis (4/6/2020). Yuri mengatakan, barang-barang yang disebutkan di atas tadi, harus selalu dibawa oleh masyarakat apabila hendak keluar rumah, khususnya bagi para pekerja.

Lebih lanjut, dengan membawa peralatan misalnya alat makan dan botol minum sendiri, dapat menghindarkan dari penularan. “Alat ibadah juga, membawa sendiri dan dipakai sendiri. Begitu juga alat untuk makan, minum dan terpenting selalu pakai masker,” ucap Yuri.

Sumber: https://www.kompas.com/tren/read/2020/06/05/080500465/era-new-normal-berikut-starter-kit-dalam-tas-siaga-covid-19

Share this post

Comment (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Tim Layanan Pelanggan kami siap menjawab semua pertanyaan Anda