WHO: Tak Ada Bukti Pasien Sembuh Covid-19 Kebal dari Virus Corona

WHO: Tak Ada Bukti Pasien Sembuh Covid-19 Kebal dari Virus Corona

WHO: Tak Ada Bukti Pasien Sembuh Covid-19 Kebal dari Virus Corona
Ilustrasi virus corona, gejala virus corona, isolasi mandiri, karantina(Shutterstock)

KOMPAS.com – Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO) memperingatkan bahwa pasien yang sudah sembuh dari Covid-19 belum tentu kebal dari virus corona SARS-CoV-2 dan tidak mendapatkannya di kemudian hari. “Belum ada bukti bahwa orang yang pernah terinfeksi Covid-19 tidak akan terinfeksi untuk kedua kalinya,” kata

Maria Van Kerkhove dari WHO sebelumnya mengatakan tidak mengetahui apakah orang yang telah terpapar virus menjadi benar-benar kebal. Laporan WHO yang baru terbit dan dilandasi pernyataan ilmiah menggarisbawahi tidak ada bukti bahwa orang yang sembuh dari Covid-19 memiliki kekebalan akan virus tersebut. WHO memperingatkan, tes antibodi yang sudah dilakukan tidak cukup menunjukkan bahwa orang yang sudah pernah terinfeksi Covid-19 menjadi kebal terhadap virus SARS-CoV-2.

Baca juga: Efektifkah Larangan Mudik Jokowi untuk Cegah Penularan COVID-19?

Mary Hayden, juru bicara IDSA dan Kepala Divisi Penyakit Menular di Rush University Medical Center, mengatakan, pihaknya tidak mengetahui apakah pasien yang memiliki antibodi masih berisiko terinfeksi Covid-19 untuk kedua kalinya. “Hingga saat ini, saya pikir kita harus berasumsi bahwa mereka (pasien sembuh Covid-19) bisa terinfeksi ulang,” ungkapnya.

Hayden juga mengatakan, hingga saat ini belum ada yang mengetahui antibodi dari Covid-19 yang muncul setelah sembuh memberikan perlindungan seperti apa. Apakah perlindungan menyeluruh atau hanya parsial, dan berapa lama antibodi itu bertahan masih belum diketahui pasti.

“Untuk itu, masyarakat yang sudah sembuh dari Covid-19 dimohon tidak terburu-buru melakukan aktivitas normal. Tetap jaga jarak dan sebisa mungkin di rumah,” ungkap Hayden. Hal ini perlu dilakukan agar orang yang sudah sembuh itu tidak menempatkan diri mereka ke risiko yang tidak perlu. Karena seperti yang dijelaskan, hingga saat ini belum ada cukup bukti yang menyebut pasien sembuh Covid-19 kebal dari virus SARS-CoV-2.

Sumber: https://www.kompas.com/sains/read/2020/04/27/084135123/who-tak-ada-bukti-pasien-sembuh-covid-19-kebal-dari-virus-corona

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Tim Layanan Pelanggan kami siap menjawab semua pertanyaan Anda