50 Ribu Tes PCR Covid-19 dari Korsel Tiba di Indonesia

50 Ribu Tes PCR Covid-19 dari Korsel Tiba di Indonesia

50 Ribu Tes PCR Covid-19 dari Korsel Tiba di Indonesia
Petugas BTKL PP Batam mengoperasikan alat PCR untuk memeriksa swab pasien yang dikhawatirkan terpapar virus corona COVID-19. Alat itu bantuan yang diterima dari Pemerintah Singapura. (ANTARA/HO/Dok BTKL PP Batam)

TEMPO.CO, Jakarta – Sebanyak 50 ribu tes PCR Covid-19 tiba di Indonesia dari Korea Selatan pada hari Minggu, 19 April 2020.

“Kami bersyukur dalam waktu kurang dari 24 jam kami bisa mendapatkan 50 ribu tes PCR untuk deteksi Covid-19 hari ini,” ujar Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Letnan Jenderal Doni Monardo melalui keterangan tertulis hari ini.

Kini kurang lebih 10 ribu pemeriksaan bisa dilakukan setiap hari. Pemerintah pun, kata Doni, sudah menetapkan 19 laboratorium untuk pendeteksian Covid-19 di seluruh Indonesia.

Baca juga: Kemenkes: Faskes Rujukan TBC Diharapkan Terpisah dengan Pasien COVID-19

Meski begitu seluruh laboratorium tersebut membutuhkan reagent PCR dan reagent ekstrasi RNA agar bisa melakukan pemeriksaan kepada masyarakat yang diduga terpapar covid-19.

Doni menyatakan bersyukur mendapat dukungan Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan yang langsung menugaskan seorang staf Kedutaan untuk mengawal barang sampai ke Indonesia.

Dia berharap dalam sepekan ke depan akan bisa mendapatkan sekitar 495 ribu bahan untuk pemeriksaan covid-19. “Maka Indonesia akan bisa memetakan lebih tepat jumlah orang yang terpapar Covid-19 dan di mana mereka berada,” tuturnya.

Sumber: https://nasional.tempo.co/read/1333282/50-ribu-tes-pcr-covid-19-dari-korsel-tiba-di-indonesia

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Tim Layanan Pelanggan kami siap menjawab semua pertanyaan Anda