Gugus Tugas Covid-19 Usulkan STR Sementara bagi Dokter dan Perawat yang Jadi Relawan

Gugus Tugas Covid-19 Usulkan STR Sementara bagi Dokter dan Perawat yang Jadi Relawan

Gugus Tugas Covid-19 Usulkan STR Sementara bagi Dokter dan Perawat yang Jadi Relawan
Ilustrasi Covid-19(Shutterstock)

JAKARTA, KOMPAS.com – Kebutuhan relawan tenaga kesehatan masih dibutuhkan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Tim relawan pun mengusulkan agar dibentuk kerja sama antara Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Konsil Kedokteran, dan organisasi profesi. Kerja sama tersebut dimaksudkan untuk memperbolehkan mekanisme penerbitan Surat Tanda Registrasi (STR) sementara bagi dokter dan perawat. “Saat ini tim relawan melihat perlu adanya terobosan dengan kerja sama antara Kemenkes, Konsil Kedokteran, dan organisasi profesi untuk memperbolehkan mekanisme Surat Tanda Register sementara untuk dokter dan perawat agar bisa memenuhi kebutuhan yang ada,” ujar Ketua Relawan Gugus Tugas Covid-19 Andre Rahadian, dikutip dari siaran pers, Rabu (15/4/2020).

Adapun STR merupakan bukti tertulis yang diberikan pemerintah kepada tenaga kesehatan baik dokter maupun perawat yang telah memiliki setifikat kompetensi. Andre mengatakan, dari data tim relawan Gugus Tugas Covid-19, jumlah relawan tenaga kesehatan hingga Selasa (14/4/2020) pukul 18.00 WIB, berjumlah 3.977 orang atau 18 persen dari jumlah total yang direkrut. Sementara jumlah relawan non-medis adalah 18.570 orang atau 82 persen, dari jumlah total relawan yang telah direkrut sebanyak 22.547 orang.

Baca juga: Amankah Periksa Gigi ke Dokter Selama Pandemi Corona COVID-19?

Para relawan tersebut, kata dia, akan mendapat tambahan insentif selain yang diberikan pemerintah. “Tim relawan juga akan memberikan insentif tunai sebagai tambahan dari insentif yang diberikan pemerintah,” kata Andre. Selain itu, saat ini tim relawan juga sedang membangun standar operasional prosedur (SOP atau protokol monitoring evaluasi. Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi jatuhnya korban tenaga kesehatan akibat Covid-19.

Sejak Senin (13/4/2020), relawan di bidang medis juga bergerak dan menerapkan sistem koordinasi berjenjang dengan 4 area kerja yang terdiri dari wilayah Barat, Tengah, Timur Indonesia dan Jakarta. “Setiap wilayah akan ada koordinator yang memonitor di setiap provinsi yang ada di wilayah kerjanya,” kata dia. Gugus Tugas Covid-19 pun mempersilakan masyarakat yang ingin bergabung menjadi relawan untuk mendaftar melalui situs http://deskrelawanpb.bnpb.go.id/covid-19/.

Sumber: https://nasional.kompas.com/read/2020/04/15/12192071/gugus-tugas-covid-19-usulkan-str-sementara-bagi-dokter-dan-perawat-yang-jadi

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Tim Layanan Pelanggan kami siap menjawab semua pertanyaan Anda