Tiga Prioritas Masyarakat yang Bisa Ikut Tes Massal Covid-19

Tiga Prioritas Masyarakat yang Bisa Ikut Tes Massal Covid-19

Tiga Prioritas Masyarakat yang Bisa Ikut Tes Massal Covid-19
Petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor menunjukkan hasil tes cepat (rapid test) pendektesian COVID-19 kepada orang dalam pengawasan (ODP) di Bogor, Jawa Barat, Minggu (22/3/2020). Tes tersebut diperuntukan bagi peserta Seminar Anti Riba yang berlangsung di Babakan Madang Kabupaten Bogor pada 25-28 Februari 2020, dimana dua orang peserta seminar tersebut meninggal dunia di Solo Jawa Tengah akibat COVID-19.(ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA)

Prioritas Masyarakat yang Bisa Ikut Tes Massal Covid-19Meski tidak sedikit masyarakat yang ingin mengikuti program tes massal Covid-19, namun jumlah alat tes yang terbatas membuat pemerintah harus membuat skala prioritas.

Baca juga: Pandemi Corona, BPJS Kesehatan Perlu Antisipasi Pendapatan Iuran Turun

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Corona Achmad Yurianto mengatakan, prioritas pertama pemerintah untuk tes massal adalah terhadap mereka yang memiliki kontak dekat secara langsung dengan pasien yang sebelumnya telah dinyatakan positif Covid-19. “Itu yang saya katakan tracing. Itu baru prioritas pertama,” kata Yuri saat dialog dalam program “Sapa Indonesia Pagi” di Kompas TV, Jumat (3/4/2020).

Sementara, prioritas kedua adalah petugas kesehatan yang setiap hari melakukan kontak dengan pasien positif Covid-19 di instansi fasilitas kesehatan. Sedangkan, prioritas ketiga berbasis pada wilayah. Misalnya, jika suatu wilayah memiliki puskesmas yang menanganai pasien positif cukup banyak, maka akan dilakukan penjaringan terhadap seluruh pengunjung puskesmas tersebut yang memiliki keluhan ke arah Covid-19.

Namun, saat ini pemerintah menyatakan pasien positif Covid-19 berdasarkan hasil tes PCR, dan bukan rapid test. Saat ini tercatat ada 1.790 kasus positif Covid-19 setelah terjadi penambahan 113 kasus pada 2 April 2020. Dari jumlah tersebut, yang masih menjalani perawatan sebanyak 1.508 kasus. Adapun jumlah kasus sembuh sebanyak 112 kasus dan yang meninggal dunia sebanyak 170 kasus.

Sumber: https://nasional.kompas.com/read/2020/04/03/11205001/tiga-prioritas-masyarakat-yang-bisa-ikut-tes-massal-covid-19

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Tim Layanan Pelanggan kami siap menjawab semua pertanyaan Anda