RS Tangani Covid-19, Wapres Minta BPJS Kesehatan Segera Bayar Tunggakan

RS Tangani Covid-19, Wapres Minta BPJS Kesehatan Segera Bayar Tunggakan

RS Tangani Covid-19, Wapres Minta BPJS Kesehatan Segera Bayar Tunggakan
Virus Corona (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – RS Tangani Covid-19, Wapres Minta BPJS Kesehatan Segera Bayar Tunggakan. Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta kepada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan untuk segera melunasi tunggakan kepada rumah sakit. Hal ini untuk memastikan agar pelayanan kesehatan kepada masyrakat bisa tetap berjalan lancar.

Apalagi saat ini Indonesia tengah menghadapi pandemi virus corona yang terus meluas penyebarannya. Sebab ada beberapa rumah sakit yang mengeluhkan belum menerima pembayaran tunggakan BPJS Kesehatan.

“BPJS kita sudah minta supaya tunggakan yang sudah jatuh tempo kepada RS supaya dibayarkan. Itu sudah sedang dikalkulasi,” ujarnya dalam telekonferensi, Jakarta, Kamis (2/4/2020).

Baca juga: Optimalkan Pengaturan dan Platform Pengiriman Layanan

Menurutnya masalah kesehatan dalam mengatasi virus corona ini menjadi prioritas utama bagi pemerintah. Untuk penanganan virus corona ini, pemerintah mengalokasikan anggaran kesehatan sebesar Rp75 triliun.

Alokasi anggaran tersebut, Rp3 triliunnya diperuntukan untuk tambahan subsidi BPJS Kesehatan. Mengingat kenaikan iuran untuk peserta mandiri dibatalkan oleh Mahkamah Agung (MA) belum lama ini.

“Mudah-mudahan usulan tadi supaya RS bisa memberikan partisipasi lebih maksimal mudah mudahan tunggakan BPJS bisa segera diselesaikan. Saya sangat mendukung. Ini bagian dari yang jadi prioritas,” jelasnya.

Selain untuk tambahan subsidi BPJS Kesehatan, anggaran tersebut juga akan digunakan untuk memperbaiki fasilitas yang ada di rumah sakit-rumah sakit rujukan corona. Termasuk juga penyediaan alat kesehatan dari mulai alat tes hingga masker.

“Kemudian kemampuan testing, saya akan rekomendasi nanti supaya alat-alat. Kemarin ada informasi saya lupa jumlahnya yang udah didistribusikan ke DKI dari Kementerian Kesehatan,” kata Ma’ruf. (dni)

Sumber: https://economy.okezone.com/read/2020/04/02/320/2193098/rs-tangani-covid-19-wapres-minta-bpjs-kesehatan-segera-bayar-tunggakan

Share this post

Tinggalkan Balasan


Tim Layanan Pelanggan kami siap menjawab semua pertanyaan Anda