COVID-19: Panduan Operasional Untuk Mempertahankan Pelayanan Kesehatan yang Esensial Selama Wabah

COVID-19: Panduan Operasional Untuk Mempertahankan Pelayanan Kesehatan yang Esensial Selama Wabah

layanan kesehatan wabah COVID-19
Sumber: iStock.com/Orbon Alija

Pelayanan Kesehatan wabah COVID-19:

Pengantar dan Ikhtisar

Pelayanan kesehatan wabah COVID-19: Sistem kesehatan dihadapkan dengan permintaan yang meningkat pesat yang dihasilkan oleh wabah COVID-19. Ketika sistem kesehatan kewalahan, mortalitas langsung dari wabah dan kematian tidak langsung dari kondisi yang dapat dicegah dan diobati dengan vaksin meningkat secara dramatis. Analisis dari wabah Ebola 2014-2015 menunjukkan bahwa peningkatan jumlah kematian yang disebabkan oleh campak, malaria, HIV / AIDS, dan TBC yang disebabkan oleh kegagalan sistem kesehatan melebihi kematian dari Ebola.

Kemampuan sistem untuk mempertahankan pengiriman pelayanan kesehatan wabah COVID-19 esensial akan tergantung pada kapasitas dasar dan beban penyakitnya, dan konteks penularan COVID-19 (diklasifikasikan sebagai tidak ada kasus, sporadis, kluster, atau transmisi masyarakat). Mempertahankan kepercayaan populasi pada kapasitas sistem kesehatan untuk memenuhi kebutuhan esensial dengan aman dan untuk mengendalikan risiko infeksi di fasilitas kesehatan adalah kunci untuk memastikan perilaku pencarian perawatan yang tepat dan kepatuhan terhadap saran kesehatan masyarakat. Sistem kesehatan yang terorganisir dan dipersiapkan dengan baik memiliki kapasitas untuk mempertahankan akses yang setara ke pemberian pelayanan penting selama keadaan darurat, membatasi kematian langsung dan menghindari peningkatan kematian tidak langsung.

Dengan beban kasus COVID-19 yang relatif terbatas, sistem kesehatan mungkin memiliki kapasitas untuk mempertahankan pemberian pelayanan rutin selain mengelola kasus COVID-19. Ketika beban kasus tinggi, dan / atau tenaga kesehatan berkurang karena infeksi tenaga kesehatan, perubahan strategis diperlukan untuk memastikan bahwa sumber daya yang semakin terbatas memberikan manfaat maksimal bagi populasi.

Negara-negara perlu membuat keputusan sulit untuk menyeimbangkan tuntutan untuk merespons langsung terhadap COVID-19, sementara secara bersamaan terlibat dalam perencanaan strategis dan tindakan terkoordinasi untuk mempertahankan pemberian pelayanan kesehatan yang penting, mengurangi risiko runtuhnya sistem. Banyak pelayanan rutin dan elektif dapat ditunda atau ditangguhkan. Selain itu, ketika praktik rutin mendapat ancaman karena tuntutan yang bersaing, mekanisme dan protokol tata kelola yang dirancang dengan tujuan yang disederhanakan dapat mengurangi kegagalan sistem secara langsung. Membangun aliran pasien yang efektif (termasuk skrining, triase, dan rujukan target kasus COVID-19 dan non-COVID-19) sangat penting di semua tingkatan.

Implementasi yang berhasil dari perubahan strategis ini akan memerlukan transparansi dan komunikasi yang sering dengan publik, perlindungan khusus untuk memastikan akses bagi populasi yang rentan secara sosial, keterlibatan aktif masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya, dan kerjasama tingkat tinggi dari individu.Panduan ini memperluas isi pedoman perencanaan Operasional untuk mendukung kesiapsiagaan dan respon negara. Ini memberikan panduan tentang serangkaian tindakan segera yang ditargetkan yang harus dipertimbangkan oleh negara-negara di tingkat nasional, regional, dan lokal untuk mengatur kembali dan mempertahankan akses ke pelayanan kesehatan berkualitas penting bagi semua. Ini melengkapi panduan WHO yang ada dan yang akan datang tentang implikasi yang lebih luas dari COVID-19 untuk sistem kesehatan dan strategi lintas-pemerintah untuk menanggapi wabah COVID-19, termasuk bimbingan teknis khusus wilayah yang sedang dikembangkan oleh Kantor Regional WHO.

Sumber : https://www.who.int/

Bagian 1>

Share this post

Comment (1)

  • blank
    moving professional Reply

    hi!,I like your writing so so much! proportion we
    be in contact more about your article on AOL? I need an expert in this space to unravel my problem.
    May be that’s you! Looking ahead to see you.

    Also visit my blog post moving professional

    Juni 8, 2020 at 5:11 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Tim Layanan Pelanggan kami siap menjawab semua pertanyaan Anda